Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Predict, Oranize, Rehearse, Practice, Evaluate Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SD Al-Rasyid Pekanbaru.

Yolla Es Meralda, - (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Predict, Oranize, Rehearse, Practice, Evaluate Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SD Al-Rasyid Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yolla Es Meralda, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Predict, Oranize, Rehearse, Practice, Evaluate Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SD Al-Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa SD Al-Rasyid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelas V di SD Al-Rasyid melalui penerapan strategi pembelajaran predict, organize, rehearse, practice, evaluate (PORPE). Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 22 siswa SD Al-Rasyid Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi PORPE dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes keterampilan membaca pemahaman dan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa startegi PORPE dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat Pada sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa hanya mencapai 64,55 atau tergolong dalam kategori kurang, tetapi setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,09 atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,09 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi PORPE dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa SD Al-Rasyid Pekanbaru. Kata Kunci : Strategi Predict, Oranize, Rehearse, Practice, Evaluate Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2023 05:14
Last Modified: 20 Dec 2023 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76150

Actions (login required)

View Item View Item