Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MA AL-HIDAYAH SINGINGI HILIR

HESTI NOVITA SARI, - (2023) PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MA AL-HIDAYAH SINGINGI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENFGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FIEL HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

HESTI NOVITA SARI (2023) : PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MA AL-HIDAYAH SINGINGI HILIR Penelitian ini berawal dari rumusan masalah pengaruh strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Hidayah Singingi Hilir, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design yang dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Hidayah Singingi Hilir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksprimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini sampel di tentukan berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran Geografi dan berdasarkan observasi awal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Hidayah Singingi Hilir. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pre-test yaitu sebesar 43,62 menjadi 74,31 pada nilai post-test. Hal ini menunjukkan ada kenaikan hasil belajar siswa pada kelas experimen sebesar 70,36%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi PQ4R, Mata Pelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:42
Last Modified: 20 Dec 2023 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76149

Actions (login required)

View Item View Item