Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS BERBASIS ISLAM ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR

Suhartiwi, Tiwi (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS BERBASIS ISLAM ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keevektifan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan eksprimen desain one group pretest posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus ttabel > thitung. Jika ttabel > thitung. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 23. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat keevektifan penggunaan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar digunakan rumus Gain ternormalisasi dan didapat dari hasil rumus tersebut sebesar 81,36% dikatagori tinggi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan lembar observasi pada anak diperoleh thitung = -43.790 dan ttabel = 1.94318, maka ttabel > thitung (1.94318 > -43.790). Dari data tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian terdapat keefektifan penggunaan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Wayang, Pendidikan Seks, Islam
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:51
Last Modified: 20 Dec 2023 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76148

Actions (login required)

View Item View Item