Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING SCAFFOLDING TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRITING ABILITY AT SMP IT AL FITYAH PEKANBARU

RUSLIANI OCTAVIA SIAGIAN, - (2023) THE EFFECT OF USING SCAFFOLDING TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRITING ABILITY AT SMP IT AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img]
Preview
Text
THESIS RUSLIANI OCTAVIA SIAGIAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rusliani Octavia Siagian (2023): Pengaruh dari Penggunaan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Siswa di SMP IT Al Fityah Pekanbaru Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan pada siswa kelas VII SMP IT Al Fityah Pekanbaru yang menunjukkan beberapa masalah menulis yang dihadapi siswa seperti kekurangan kosa kata, kebingungan dalam menulis, kesulitan memulai proses awal menulis, dan kesulitan menyusun gagasan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan teknik Scaffolding untuk membantu siswa dalam proses menulis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskriptif siswa yang diajarkan tanpa dan dengan menggunakan teknik Scaffolding serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan teknik Scaffolding terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi di SMP IT Al Fityah Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dilakukan dengan menggunakan desain quasi-experimental. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi dari penelitian yaitu siswa kelas VII SMP IT Al Fityah Pekanbaru yang terdiri atas dua kelas; VII A yang menjadi kelas eksperimen (25 siswa) dan VII B yang menjadi kelas kontrol (25 siswa) dengan menggunakan total sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes menulis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Sementara itu, untuk menganalisa data, penulis menggunakan independent sample t-test dan effect size. Hasil analisa data menunjukkan adanya perbedaan yang jelas terhadap kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif yang tidak diajarkan dan diajarkan dengan menggunakan teknik Scaffolding, dimana Sig (2-tailed) memiliki nilai 0.001 lebih rendah dari 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, adanya pengaruh positif yang jelas dari penggunaan teknik Scaffolding terhadap kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif siswa kelas tujuh SMP IT Al Fityah Pekanbaru. dengan hasil eta squared 0.19. Kesimpulannya, penggunaan Scaffolding Technique menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis deskripsi di SMP IT Al Fityah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:07
Last Modified: 19 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76123

Actions (login required)

View Item View Item