Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI IPS SMAN 4 PEKANBARU

RUHIL ADIBA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI IPS SMAN 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ruhil Adiba, (2023) : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam kelas XI di SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan menerapkan Penggunaan model pembelajaran example non example. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen sebesar 44,44 dan posttest kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 75,83, dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 31,39%. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata Pretest kelas kontrol sebesar 44,72 dan posttest kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 67,08, dengan peningkatan hasil belajar di kelas kontrol sebesar 22,36% menggunakan model pembelajaran konvensional. Dilihat juga dari hasil olah data uji paired sample t-test, akan adanya pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan mean kelas eksperimen 32,917 sedangkan kelas kontrol 22,361 dengan signifikansi kedua kelas lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 4 Pekanbaru. Kata Kunci : Example non example, Hasil belajar, Mitigasi bencana alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:31
Last Modified: 18 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76113

Actions (login required)

View Item View Item