Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL MANTAPPU JIWA KARYA JEROME POLIN (PENDEKATAN PRAGMATIK) DAN RELEVANSINYA DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII

JUNITA MUTIA INSANI, - (2023) ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL MANTAPPU JIWA KARYA JEROME POLIN (PENDEKATAN PRAGMATIK) DAN RELEVANSINYA DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

JUNITA MUTIA INSANI (2023) : ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL MANTAPPU JIWA KARYA JEROME POLIN (PENDEKATAN PRAGMATIK) DAN RELEVANSINYA DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII Karya sastra merupakan ungkapan batin dan imajinasi seseorang pengarang melalui bahasa yang dituangkanya dalam penulisan seperti karya sastra berbentuk novel. Dalam karya sastra tentu terdapat nilai moral di dalamnya. Pembelajaran sastra di sekolah memiliki tujuan di antaranya siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dalam bidang sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan wujud nilai moral yang terdapat pada novel Mantappu Jiwa Karya Jerome Polin dan mendeksripsikan relevasinya novel Manttapu Jiwa Karya Jerome Polin dalam bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XII. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Penelitian ini menganalisis wujud nilai moral menggunakan pendekatan pragmatik.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat, dan teknik pustaka. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis nilai-nilai moral, mendeksripsikan/mengaitkan nilai-nilai moral, selanjutnya menyimpulkan nilai-nilai moral. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Wujud nilai moral yang terdapat pada novel Mantappu Jiwa antara lain: wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya (pasrah atau menurut kepada Tuhan, berdoa atau memohon kepada Tuhan, mengakui kebesaran Tuhan, dan perasaan keagamaan), Wujud nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri (eksistensi diri, harga diri, percaya diri, tanggung jawab dan sopan santun), Wujud nilai moral hubungan manusia dengan sesamanya (tolong menolong, kasih sayang, saling mengenal), (2) Wujud nilai moral pada novel Mantappu Jiwa ini memiliki relevansinya dalam bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XII yaitu KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: Nilai Moral, Novel, Pendekatan Pragmatik, dan Relevansi Bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:30
Last Modified: 14 Dec 2023 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76064

Actions (login required)

View Item View Item