Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA POHON BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DESA SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Dilla Lusiana, Dilla (2023) PENGARUH MEDIA POHON BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DESA SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Taman Kanak-kanak Pertiwi Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun kurang optimal sehingga perlu diberikan perlakuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pohon bergambar untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun, objek penelitian adalah pengaruh media pohon bergambar untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi penelitian ini berjumlah 23 anak. Sampel penelitian berjumlah 12 anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B1, penelitian ini adalah kuantitatif eksprimen one group pretest posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus ttabel > thitung. Jika ttabel > thitung maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan bantuan program SPSS versi 23. Digunakan rumus gain ternormalisasi dan di dapat dari hasil rumus tersebut sebesar 69,06% dikatagori sedang. Dimana penjelasan katagorinya G<30% (Rendah),30%< G<70% (Sedang), G< 70% (Tinggi). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data pretest rata-ratanya 22,77% berada dikatagori BB (Belum Berkembang), data posttest rata-ratanya 76,11% berada dikatagori BSB (Berkembang Sesuai Baik). Hal ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya media pohon bergambar untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, dengan berdasarkan hasil analisis pada kelas eksprimen di peroleh thitung = -29.212 dan ttabel = 2.01505 maka ttabel > thitung. Nilai sig (2-tailed) ditemukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pohon bergambar untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Pohon Bergambar, Kecerdasan Verbal Linguistik
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:36
Last Modified: 12 Dec 2023 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76034

Actions (login required)

View Item View Item