Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN

Wahyu Erfalisa, Wahyu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 1 Tanah Putih Tanjung Melawan. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperiment dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 167 siswa terbagi dalam 5 kelas. Sampelnya berjumlah 66 siswa yakni 33 siswa kelas XI F5 untuk kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI F4 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 81,33 pada kelas eksperimen dan 64,48 pada kelas kontrol. Adapun hasil uji tes “t” diperoleh bahwa t_hitung > t_tabel taraf signifikan 5% (1,667) dan 1% (2,382) atau 1,667 < 4,411 > 2,382 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Tanah Putih Tanjung Melawan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Tanah Putih Tanjung Melawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Instruction
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:25
Last Modified: 12 Dec 2023 06:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76032

Actions (login required)

View Item View Item