Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

AULIA RAHMAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Rahmah (2023) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi pembelajaran inquiring minds want to know terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 428 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 yang berjumlah 67 orang, dengan rincian 34 orang kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan strategi pembelajaran inquiring minds want to know dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai lebih besar dari pada taraf signifikan 5% (6,072 > 1,671) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajan inquiring minds want to know terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. hasil mean skor kelas eksperimen sebesar 86,63 sedangkan kelas kontrol sebesar 84,33. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Inquiring Minds Want To Know, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:54
Last Modified: 06 Dec 2023 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75951

Actions (login required)

View Item View Item