Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTs FADHILAH PEKABARU

LULU SYAFITRI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTs FADHILAH PEKABARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lulu Syafitri (2023): Pengaruh Model Pembelajran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Di Sekolah MTs Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan model nonequivalent kontrol group desgin. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas VII dengan berjumlah 123 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII A berjumlah 30 sebagai kelas eksperimen dan VII B berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik porpusiv sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil dari t hitung > t tabel ( 3.906 >1.672 ) dan Sig. (2-Tailed) 0.000 < 0.05, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Adapun hasil kategori N-Gain score dalam mengihitung perbedaan, pada umumnya penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode lain mendapatkan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen sebesar 4977 maka termasuk dalam kategori sedang, sedangkan rata-rata nilai N-Gain score kelompok kontrol sebesar 1376 yang termasuk kedalam kategori rendah. Kata kunci: model Problem Based Learning, terhadap hasil belajar siswa, dalam pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:10
Last Modified: 29 Nov 2023 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75868

Actions (login required)

View Item View Item