Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA TARUNA MANDIRI PEKANBARU

WIDIYA INDRIYANI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA TARUNA MANDIRI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penelitian (bab iv).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penelitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

WIDIYA INDRIYANI (2023) :PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA TARUNA MANDIRI PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi experiment. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 50 peserta didik dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dimana kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 21 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang sangat berbeda dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran geografi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 70,56 menjadi 77,32 pada nilai postest. Jika dihitung persentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan adalah 9,58%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 900 Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:57
Last Modified: 28 Nov 2023 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75847

Actions (login required)

View Item View Item