Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH FADHILAH PEKANBARU

VARISA DIAN SAFITRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Varisa Dian Safitri, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means Ends Analysis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta guru yang masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe means ends analysis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 64 orang dengan rincian 32 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test (independent sample t-test) hasil penelitian diperoleh dengan hasil perhitungan uji-t nilai thitung > ttabel (8,378 > 2,042). Perhitungan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe means ends analysis dengan pembelajaran metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru. Hasil Mean skor kelas eksperimen 84,21 sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol sangat tinggi dari kelas kontrol 74,8174,81 . Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Means Ends Analysis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:07
Last Modified: 22 Nov 2023 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75810

Actions (login required)

View Item View Item