Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN EKONOMI

FATHUR RAHMAN, - (2023) ENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN EKONOMI. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

FATHUR RAHMAN (2023) :ENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN EKONOMI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran everyone is teacher here terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran everyone is a teacher terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling dengan kriteria memiliki kemampuan sama atau mendekati sama berdasarkan nilai ujian tengah semester. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji effect size. Hasil analisis diperoleh bahwa keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran ekonomi kelas pada eksperimen yang menggunakan model active learning tipe everyone is a teacher here memperoleh kategori tinggi dibandingkan dengan kelas control dengan persentase pencapaian keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 86,55%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,77%. Secara statistik didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model active learning tipe everyone is a teacher here terhadap keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang terbukti dari nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (2,000) dan 1% (2,660) atau 2,000 < 12,038 > 2,660, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Everyone Is A Teacher Here, dan Keaktifan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:21
Last Modified: 22 Nov 2023 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75800

Actions (login required)

View Item View Item