Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU

DINA MARIANA, - (2023) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dina Mariana, (2023): Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingat kemandirian belajar siswa padahal pemanfaatan internet cukup signifikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Objek penelitian ini yaitu Pengaruh Pemanfaatan internet terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa kelas X. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang siswa yang diambil menggunakan rumus Issac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Deskriptif Kuantitatif dan Analisis Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% (0,418 > 0,195) dan 1% (0,418 > 0,256), ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Besar persentase pengaruh pemanfaatan internet terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 17,4%, sedangkan sisanya sebesar 82,6% dipengaruhi oleh faktor lain atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Artinya, Semakin signifikan pemanfaatan internet maka akan semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Nov 2023 23:59
Last Modified: 21 Nov 2023 23:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75789

Actions (login required)

View Item View Item