Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA IT MUTIARA DURI

NURUL FATIMAH, - (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA IT MUTIARA DURI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FATIMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Fatimah, (2023): Pengaruh Gaya Belajar siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA IT Mutiara Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar berdasarkan perspektif gender terhadap hasil belajar siswa di SMA IT Mutiara Duri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh laki-laki dan Perempuan berbeda dalam menangkap sesuatu pembelajaran dikelas. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran, kebanyakan siswa Perempuan yang mengikuti pembelajaran terlihat antusias dan menguasai materi yang disampaikan guru dalam proses belajar mengajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Mutiara Duri. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan SMA IT Mutiara Duri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 208 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 68 siswa laki-laki dan 68 siswa perempuan, yang dipilih menggunakan Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel gaya belajar laki laki dan perempuan secara simultan mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar hal ini dibuktikan dari nilai fhitung (34.061 > 3,06) dengan nilai (sig) sebesar 0,00 < 0,05 (a = 5%). Berdasarkan uji parsial yakni uji t variabel gaya belajar laki-laki dan perempuan sama-sama bernilai positif dengan nilai thitung yang dpiperoleh oleh variabel gaya belajar laki-laki sebesar 5,390 > 0,168 dengan nilai (sig) 0,00 < 0,05 (a = 5%) sedangkan nilai thitung yang diperoleh dari variabel gaya belajar Perempuan sebesar 5,787 > 0,168 dengan nilai (sig) sebesar 0,00 < 0,05 (a = 5%) hal ini menunjukkan bahwa variabel gaya belajar laki-laki dan Perempuan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Gaya Belajar, Perspektif Gender, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Nov 2023 23:56
Last Modified: 21 Nov 2023 23:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75788

Actions (login required)

View Item View Item