Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURE NUMBERED HEADS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

RIDHO ASHARI NASUTION, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURE NUMBERED HEADS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ridho Ashari Nasution, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structure Numbered Heads terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pemahaman belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kepala bernomor terstruktur dengan metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 230 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil ujian tengah semester kelas mendekati sama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Structure Numbered Heads dengan metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru dengan thitung > ttabel (2,245>1,677) dengan nilai sig. 2-tailed 0.004 < 0.05. dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Structure Numbered Heads, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:59
Last Modified: 14 Nov 2023 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75705

Actions (login required)

View Item View Item