LENI AGUS SETYANINGSIH, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 GUNUNG SAHILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (ABB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
LENI AGUS SETYANINGSIH (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 GUNUNG SAHILAN Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnya variasi didalam menerapkan strategi pembelajaran mengakibatkan siswa menjadi pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 2 Gunung Sahilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A dan X B SMA Negeri 2 Gunung Sahilan yang berjumlah 56 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah 77,32. Pengaruh penggunaan strategi Small Group Discussion terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Gunung Sahilan memiliki nilai 0,50 Modest Effect (efek sederhana). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/ nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 9,64% Kata Kunci: Strategi pembelajaran Small Group Discussion, Hasil Belajar, Pelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75592 |
Actions (login required)
View Item |