Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 TUALANG KABUPATEN SIAK

JANNISA DINIARTI. S, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

JANNISA DINIARTI. S (2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 TUALANG KABUPATEN SIAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus hidrologi mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 152 siswa. Sample yang diambil yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran geografi bahwa tidak ada perbedaan kemampuan yang signifikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 4,967 > dari nilai t-tabel dengan tingkat signifikansi 5 % sebesar 1,993 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari nilai probilitas 0,05 artinya Artinya “ditolak” dan “diterima”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus hidrologi mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Tualang Kabupaten Siak. Berdasarkan analisis Uji Effect size nilai yang diperoleh sebesar 1,16 memiliki efek tinggi (Strong Effect) dan diperoleh besar kenaikan 35,83% . Kata Kunci: Pengaruh, Model Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:06
Last Modified: 31 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75578

Actions (login required)

View Item View Item