Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS KIMIA ES KRIM SARI JAGUNG MANIS DENGAN PENAMBAHAN BAMBOO ACTIVATED CHARCOAL POWDER PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

SHOVIA ASRINA PUTRI, - (2023) KUALITAS KIMIA ES KRIM SARI JAGUNG MANIS DENGAN PENAMBAHAN BAMBOO ACTIVATED CHARCOAL POWDER PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)

Abstract

SHOVIA ASRINA PUTRI (2023) : KUALITAS KIMIA ES KRIM SARI JAGUNG MANIS DENGAN PENAMBAHAN BAMBOO ACTIVATED CHARCOAL POWDER PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA Bamboo activated charcoal powder merupakan produk padat (solid) yang menggunakan bahan baku bambu melalui proses karbonisasi di bawah suhu tinggi atau under high temperature. Pada penelitian ini arang aktif yang digunakan adalah dalam bentuk bubuk. Bubuk arang aktif merupakan bahan karbon makanan yang masuk kedalam kategori Bahan Tambahan Pangan pewarna alami dengan batas maksimum penggunaan secukupnya untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Penganekaragaman es krim sari jagung manis dengan penambahan bamboo activated charcoal powder diharapkan dapat meningkatkan sifat kimia es krim sari jagung manis yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bamboo activated charcoal powder sampai pada konsentrasi 1,5% dalam pembuatan es krim sari jagung manis ditinjau dari kadar lemak, kadar gula, kadar protein, dan total padatan. Rancangan percobaan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah persentase penambahan bamboo activated charcoal powder dari 0%, 0,5%, 1% dan 1,5% yang terdiri dari 4 kelompok berdasarkan waktu pembuatan dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bamboo activated charcoal powder berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar lemak, kadar gula, kadar protein dan total padatan. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan bamboo activated charcoal powder sampai konsentrasi 1,5% dari hasil data statistik belum dapat mempertahankan kadar lemak, kadar gula namun dapat meningkatkan kadar protein serta total padatan es krim yang dihasilkan. Perlakuan terbaik yaitu pada perlakuan P1 karena dengan penambahan bamboo activated charcoal powder sebanyak 0,5% sudah dapat memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Semua parameter es krim dengan penambahan bamboo activated charcoal powder pada penelitian ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kata kunci : Es krim, sari jagung manis, bubuk arang aktif bambu, karakteristik kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:56
Last Modified: 31 Oct 2023 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75562

Actions (login required)

View Item View Item