Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PERAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG

SUFI AULIA, - (2023) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PERAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sufi Aulia, (2023) : Hubungan Status Sosial Ekonomi dan Peran Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMANegeri 1 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi dan peran bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI program IPS di SMANegeri 1 Tambang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana hubunganstatus sosial ekonomi dan peran bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI program IPS di SMAN 1 Tambang.Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS SMAN Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 99 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji linearitas, uji korelasi, uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA 1 Tambang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA 1 Tambang. Hubungan antara variabel status sosial ekonomi dan bimbingan belajardengan hasil belajar mempunyai hubungan hal ini didapati bahwa (nilai Sig.) 0,000 < 0,05 sedangkan Fhitung 11.412 > Ftabel 3.940 (df1= (n-k–1) = (99-2–1) = 96) artinyaada hubungan status sosial ekonomi dan peran bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI program IPS di SMAN 1 Tambang Kata Kunci : Status sosial ekonomi, bimbingan belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:23
Last Modified: 20 Oct 2023 09:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75519

Actions (login required)

View Item View Item