Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA

IRNA SAFITRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

ABSTRAK Irna Safitri, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional berdasarkan Minat Belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket minat belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan minat belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar siswa MTsN 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:17
Last Modified: 16 Oct 2023 00:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75465

Actions (login required)

View Item View Item