Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE IMPLEMENTATION OF PARAPHRASING STRATEGY TO INCREASE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA N 1 KUBU ROKAN HILIR

NURSYAFIDA, - (2023) THE IMPLEMENTATION OF PARAPHRASING STRATEGY TO INCREASE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA N 1 KUBU ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURSYAFIDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nursyafida, (2023): Penerapan Strategi Paraphrase Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa di SMAN 1 KUBU Rokan KUBU Rokan Hilir. Membaca dianggap sebagai aspek penting bagi siswa karena memberikan banyak informasi yang berguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari strategi parafrase terhadap pemahaman membaca siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui komponen apa dalam pemahaman membaca siswa yang paling dipengaruhi oleh penggunaan strategi parafrase. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2022, di SMA N 1 Kubu Rokan Hilir. Jumlah populasi sebanyak 220 siswa dan dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Hasilnya adalah kelas X I sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan X 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes yang diberikan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test melalui program SPSS 22 dan rumus eta quadrat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi parafrase terhadap pemahaman membaca siswa setelah membaca teks deskriptif dan strategi ini juga meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam memahami makna dalam konteks dan referensi. Dapat disimpulkan bahwa strategi parafrase merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:16
Last Modified: 12 Oct 2023 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75447

Actions (login required)

View Item View Item