Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT FISIK SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

RAHMA SALSA ANGGITA, - (2023) SIFAT FISIK SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Pengolahan susu pasteurisasi dari bahan susu skim dan pewarna alami belum banyak dilakukan. Bunga telang merupakan salah satu sumber pewarna alami yang mengandung pigmen antosianin berwarna biru sampai ungu. Penelitian ini mencoba menambah keanekaragaman susu pasteurisasi dengan pewarna bunga telang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas fisik susu pasteurisasi dengan penambahan ekstrak bunga telang sampai level 15% ditinjau dari nilai pH, viskositas, berat jenis, dan warna. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu skim bubuk sebanyak 2 kg dan bunga telang kering sebanyak 250g. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penambahan ekstrak bunga telang yang terdiri atas : PO (0%), PI (5%), P2 (10%) P3 (15%). Parameter penelitian ini meliputi viskositas, berat jenis, pH dan warna. Data dianalisis secara statistik dengan ANOVA apabila antar perlakuan berpengaruh nyata dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa susu pasteurisasi yang ditambahkan ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0% - 15% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap viskositas, pH, dan warna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan ekstrak bunga telang sampai level 15% pada susu pasteurisasi dapat mempertahankan viskositas dan berat jenis, meningkatkan warna dan menurunkan nilai pH. Perlakuan terbaik adalah P1 (penambahan ekstrak bunga telang 5%) karena menghasilkan viskositas (77,8), pH (6) dan warna (1,72) mendekati atau sama dengan kontrol (P0).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:31
Last Modified: 04 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75384

Actions (login required)

View Item View Item