Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KADAR AIR, KADAR PROTEIN DAN KADAR ABU SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN ESKTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

ADE FACHRIZA, - (2023) KADAR AIR, KADAR PROTEIN DAN KADAR ABU SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN ESKTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TANPAN BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bunga telang merupakan bunga majemuk yang identik dengan warna ungu pada kelopaknya. Tanaman ini dapat tumbuh sebagai tanaman hias yang dijadikan obat mata dan pewarna makanan secara tradisional. Susu skim merupakan bagian susu yang tertinggal setelah diambil krim susunya atau sering disebut sebagai susu tanpa lemak maupun susu bebas lemak. Pasteurisasi susu merupakan salah satu cara mengawetkan susu melalui pemanasan pada suhu tertentu dibawah titik didih susu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi kimia susu pasteurisasi dengan penambahan ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0%, 5%, 10%, 15% ditinjau dari kadar air, kadar protein, dan kadar abu. Bahan yang digunakan dalam pembuatan susu pasteurisasi ini adalah susu skim bubuk 3 kg dan bunga telang kering 150 gr. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah P0: Formulasi susu pasteurisasi tanpa EBT 0% (kontrol), P1: Formulasi susu pasteurisasi + EBT 5 %, P2: Formulasi susu pasteurisasi + EBT 10 %, P3: Formulasi susu pasteurisasi + EBT 15 %. Parameter pada penelitian ini adalah kadar air, kadar protein, dan kadar abu. Data dianalisis secara statistik dengan ANOVA apabila antar perlakuan berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa susu skim pasteurisasi yang ditambahkan ekstrak bunga telang pada konsentrasi berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air, kadar protein, dan kadar abu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan ekstrak bunga telang sampai dengan level 15% pada susu pasteurisasi tidak dapat mempertahankan kadar air, namun dapat meningkatkan kadar protein dan kadar abu. Perlakuan terbaik diperoleh P3 (penambahan ekstrak bunga telang 15%) karena menghasilkan kadar protein dan kadar abu tertinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:27
Last Modified: 04 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75379

Actions (login required)

View Item View Item