Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto

Wenti Suryani, - (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wenti Suryani (2023) : Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas X. Objek penelitiannya adalah proses pelaksanaan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t dan uji effect-size. Hasil penelitian ini membutikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi sebsar 86,75dibandingkan kelas kontrol sebesar 72,27. hasill uji tes t menunjukkan bahwa t hitung > ttabel (3,996 > 1,699) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model PBL dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran lain pada mata pelajaran ekonomi. Adanya perbedaan tersebut maka dapat dijelaskan ada pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan kategori pengaruh tergolong besar karena effect size berada lebih besar 0,80 (4360 > 0,80). Kata Kunci: PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Peserta Didik, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:21
Last Modified: 29 Sep 2023 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75369

Actions (login required)

View Item View Item