Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU

INDAH AYU SAPITRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Ayu Sapitri, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara penerapan Model Pembelajaran dengan model pembelajaran yang selama ini digunakan di SMAN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan Pre Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 6 Pekanbaru yang berjumlah 1400 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan IPS 1 sebanyak 58 orang, terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen dan 28 siswa kelompok kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan Model pembelajaran Time Token Arends dengan metode demonstrasi selama ini digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,057 > 2,003) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,001 < 0,05). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan Model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelompok eksperimen 82,16 lebih tinggi dibandingkan Mean skor kelompok kontrol 71, 96. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token Arends, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:57
Last Modified: 04 Sep 2023 05:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75331

Actions (login required)

View Item View Item