Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DENGAN PERMAINAN BAHASA “TANDAI AKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

ISNAINI USWATUN KHASANAH, - (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DENGAN PERMAINAN BAHASA “TANDAI AKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISNAINI USWATUN HASANAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isnaini Uswatun Khasanah, (2023): Efektivitas penggunaan metode langsung dengan permainan bahasa “Tandai Aku” untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode langsung dengan permainan bahasa “Tandai Aku” untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode langsung dengan permainan bahasa “Tandai Aku” efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru?”. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosa kata dengan menggunakan metode langsung dengan permainan bahasa “Tandai Aku” untuk siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 213 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A= 36 dan VIII B= 36 yang berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Berdasarkan dari hasil pretest dan post test di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 6,6 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 5,5. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung= 4,83 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,381 dan taraf signifikan 5%= 1,667. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara metode langsung dengan permainan bahasa “dikebun binatang” terhadap penguasaan kosakata . Begitu juga pada tabel observasi, metode langsung dengan permainan bahasa “dikebun binatang” mendapatkan nilai 96,7% dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan) karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data data tersebut, metode langsung dengan permainan bahasa “Tandai Aku” dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Kata kunci: Efektivitas, Metode Langsung, permainan bahasa “Tandai Aku” Penguasaan kosakata .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:03
Last Modified: 29 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75322

Actions (login required)

View Item View Item