Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA ANIMASI NUSSA DAN RARA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI IHSAN FIKRI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

REZA ANANDA, - (2023) PENERAPAN MEDIA ANIMASI NUSSA DAN RARA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI IHSAN FIKRI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV)'.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

REZA ANANDA (2023) :PENERAPAN MEDIA ANIMASI NUSSA DAN RARA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI IHSAN FIKRI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU Moral merupakan kemampuan untuk membedakan benar dan salah dan berperilaku sesuai dengan nilai moral yang ada. Moral juga merupakan faktor atau aspek penting dalam pendidikan, apalagi diterapkan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media animasi Nussa dan Rara terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Ihsan Fikri Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjeknya adalah guru dan anak. Sedangkan objeknya yakni penerapan media animasi Nussa dan Rara terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan media animasi Nussa dan Rara yakni 85% dengan kategorisasi sangat baik dalam mengajarkan sikap belas kasihan (empati), perkataan jujur (hati nurani), bersikap sabar (kontrol diri), mengucapkan salam (rasa hormat), membantu teman (kebaikan hati), menghargai perbedaan tapi bisa berteman (toleransi) dan saling berbagi (keadilan). Berdasarkan data hasil konkrit objek penelitian yakni anak itu sendiri, perkembangan moral anak dalam proses pembelajaran yang diterapkan melalui media animasi Nussa dan Rara sudah cukup baik. Sehingga dapat di kemukakan bahwa anak usia dini termasuk dalam kategorisasi “Berkembang Sangat Baik” yakni 10.3%, sedangkan pada perkembangan “Berkembang Sesuai Harapan”yakni 46%. Selanjutnya untuk perkembangan “Mulai Berkembang” yakni 43,7% dan “Belum Berkembang” yakni 0%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi Nussa dan Rara dalam proses pembelajaran cukup baik terhadap perkembangan moral anak usia dini, sehingga perkembangan moral anak berkembang dan sebagai contoh yang baik berakhlak mulia. Kata Kunci : Perkembangan, Moral, Media Animasi, Nussa, Rara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:36
Last Modified: 21 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75291

Actions (login required)

View Item View Item