MARTIKA WIDYAWATI, - (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI ALJABAR SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI MARTIKA WIDYAWATI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Martika Widyawati, (2023): Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar. Kemampuan pemecahan masalah siswa sangat diperlukan oleh siswa khususnya dalam memecahkan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar untuk siswa SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Insan Utama, Jalan Karya/Ikhlas No. 224 Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Riau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Insan Utama tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara dan soal tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian menemukan pandangan siswa terhadap proses pemecahan masalah matematis pada soal cerita yang berbeda-beda. Dalam menjabarkan pendapat siswa, peneliti memaparkan pada 3 jenis pendapat siswa tentang proses pemecahan masalah pada soal cerita. Pada proses pemecahan masalah matematis pada soal cerita tergolong pada 3 kategori, yaitu kategori rendah, kategori sedang dan kategori tinggi. Pada kategori rendah, siswa hanya melakukan satu tahap pemecahan masalah. Selanjutnya, pada kategori sedang siswa biasanya mampu melakukan 2 atau 3 langkah pemecahan masalah matematis. Sedangkan pada kategori tinggi, siswa melakukan keempat tahap pemecahan masalah matemastis sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaian soal cerita dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk dalam tiga kategori yaitu kategori kemampuan siswa tinggi, kategori kemampuan siswa sedang dan kemampuan siswa rendah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi sudah mampu untuk menyelesaikan soal sesuai tahapan pemecahan masalah, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih mengalami kesulitan pada tahap menjalankan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang telah diselesaikan. Kata Kunci: Menyelesaikan Soal Cerita, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75175 |
Actions (login required)
View Item |