Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA LKPD BERBASIS CONTECTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA

RANI LUBIS, - (2023) DESAIN DAN UJI COBA LKPD BERBASIS CONTECTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Rani lubis (2023) : Desain dan Uji Coba LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Ikatan Kimia Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya ketersediaan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi ikatan kimia dan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan respon peserta didik pada LKPD berbasis CTL pada materi ikatan kimia.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan yaitu: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba awal, dan revisi awal produk. Tahap uji coba awal dilakukan di SMA IT AL-FIKRI Pekanbaru terhadap 1 orang guru kimia dan 10 orang peserta didik dikelas X. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.LKPD berbasis CTL pada materi ikatan kimia yang telah diuji memiliki tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 75% (Sangat Valid) dan ahli media sebesar 70% (Sangat Valid). Uji praktikalitas guru sebesar 82,6% (Sangat Praktis) dan uji praktikalitas peserta didik sebesar 63% (Praktis). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi ikatan kimia sudah valid, praktis dan mendapat respon baik dari peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:52
Last Modified: 28 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75174

Actions (login required)

View Item View Item