Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN TRAGEDI KANJURUHAN DI MEDIA ONLINE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SUPORTER BOLA YANG MENONTON PERTANDINGAN DI STADION

Nadia Hanifa Qotrunnada Amin, Nadia (2023) PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN TRAGEDI KANJURUHAN DI MEDIA ONLINE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SUPORTER BOLA YANG MENONTON PERTANDINGAN DI STADION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di awal Oktober 2022 lalu menjadi topik pemberitaan di berbagai media online selama beberapa waktu. Pemberitaan yang rutin tersebut dapat berpotensi menimbulkan reaksi psikologis yaitu munculnya rasa cemas bagi para suporter bola yang kerap kali menonton pertandingan di Stadion. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh dari terpaan pemberitaan Tragedi Kanjuruhan di media online terhadap tingkat kecemasan suporter bola. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan suporter bola dari tim sepakbola di Indonesia yang berdomisili di Pulau Jawa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Dari pengujian data didapatkan hasil positif dan signifikan antar variabel sebesar 0,004 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05. Nilai r square sebesar 0,81 yang jika dikalikan 100% menjadi 8.1%. Itu berarti variabel X yaitu terpaan pemberitaan berpengaruh sebesar 8,1% terhadap variabel Y tingkat kecemasan suporter bola, sisanya 91,9% dipengaruhi oleh hal lain di luar penelitian ini. Pada uji t menunjukkan hasil sebesar 2.931 dan jika t hitung dibandingkan dengan t tabel berarti 2.931 > 1.984 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Terpaan Pemberitaan Tragedi Kanjuruhan di Media Online terhadap Tingkat Kecemasan Suporter Bola yang Menonton Pertandingan di Stadion.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Terpaan Pemberitaan, Tragedi Kanjuruhan, Tingkat Kecemasan, Media Online
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:50
Last Modified: 27 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75093

Actions (login required)

View Item View Item