Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KANDIS

SITI SOLIHA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KANDIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Soliha, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui seberapa besar perbedaan yang signifikan pemahaman siswa antara penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dengan model pembelajaran Ekspositori (ceramah) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic memiliki kategori baik untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perolehan skor 80.20% observasi kegiatan guru dan 80.35% observasi kegiatan siswa. Adanya perbedaan skor Mean di kelas eksperimen (77.33) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (70.10). Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman siswa antara penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dengan model Ekspositori (ceramah) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis dengan thitung > ttabel (2,091 > 1,683) sementara itu nilai sig. 2-tailed (0,043 < 0,05) dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic, Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:29
Last Modified: 27 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75079

Actions (login required)

View Item View Item