Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN STRES AKADEMIK DAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN DI SELATPANJANG

ALFIATUL JANNAH, - (2023) HUBUNGAN STRES AKADEMIK DAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN DI SELATPANJANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
Tesis Alfi.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 siswa menghadapi pembelajaran daring dengan keadaan yang sangat sulit dan seringkali tanpa penjelasan dan dukungan yang nyata dari guru, hal tersebut membuat siswa stres dan kurang percaya diri dalam menghadapi proses belajar. Setelah dua tahun proses belajar mengajar dilakukan secara daring, pada pertengahan 2022 akhirnya siswa bisa kembali belajar secara tatap muka di dalam kelas. Kembalinya sistem belajar secara tatap muka tentu membutuhkan proses dan adaptasi baru baik bagi guru maupun bagi siswa, hal ini pada akhirnya berdampak pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara stres akademi, dan self efficacy dengan motivasi belajar siswa SMAN di Selatpanjang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres akademik, skala self efficacy, dan skala motivasi belajar yang peneliti buat dan modifikasi berdasarkan aspek�aspek dan indikator yang telah ditentukan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa dari SMAN 1 dan SMAN 2 Selatpanjang yang ditentukan melalui teknik stratified claster random samping. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik perhitungan regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS 25.00 for windows. Hasil analisa data menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara stres akademik dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar r=-0.267 dan signifikansi sebesar p=0.001. Dan terdapat hubungan yang positif antara self efficacy dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar r=0.375 dan signifikansi sebesar p=0.000. Kata kunci: Stres akademik, self efficacy, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:44
Last Modified: 26 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75059

Actions (login required)

View Item View Item