MUNAWIR ABADI, MUNAWIR ABADI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBENTUKAN TANAH KELAS X IPS DI PONDOK PESANTREN MA PPMTI TANJUNG BERULAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I-III & V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
Abstract
ABSTRAK Munawir Abadi (2023). : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembentukan Tanah Kelas X IPS Di Pondok Pesantren MA PPMTI Tanjung Berulak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembentukan Tanah DiPesantren MA PPMTI Tanjung berulak. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 untuk kelas kontrol dengan perlakuan konvensional dan dan siswa kelas X IPS 1 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttes hasil belajar siswa, dilengkapi dengan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi pembentukan tanah. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (posttest) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan 85,93 dan 82,40. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75053 |
Actions (login required)
View Item |