Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDIT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU

INDAH NURHIDAYAH, - (2023) PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDIT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kepercayaan diri siswa melalui penerapan strategi pembelajaran question student have pada muatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat, bertanya, menjawab pertanyaan dan juga mempertahankan pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 1 guru dan 18 siswa kelas V SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Objeknya adalah strategi pembelajaran question student have dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran question student have untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada muatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan perbaikan, kepercayaan diri siswa hanya mencapai nilai rata-rata 57,7 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,5 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 81,1 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran question student have dapat meningkatkan kepercayan diri siswa pada muatan pembelajaran pendidikan kewargaanegaraan di kelas V SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:22
Last Modified: 27 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75020

Actions (login required)

View Item View Item