Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V MI AL-AZKIYA’ INDRAGIRI HILIR

SITI NUR SYAMSIAH, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V MI AL-AZKIYA’ INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NUR SYAMSIAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Syamsiah, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Pembelajaran PKn di Kelas V MI Al-Azkiya’ Parit Sulsel Pengalihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pembelajaran PKn di kelas V MI Al-Azkiya’ Parit Sulsel Pengalihan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 22 siswa. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran active knowledge sharing dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikkan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 58,52% atau tergolong dalam kategori kurang baik setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 68,75% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 80,26% atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pembelajaran PKn di kelas V MI Al-Azkiya’ Parit Sulsel Pengalihan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:37
Last Modified: 26 Jul 2023 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74997

Actions (login required)

View Item View Item