Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

MHD.RAIHAN RASIDI, - (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mhd.Raihan Rasidi, (2023) : Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas XI dalam Proses Pembelajaran Geografi di MA Muhammadiyah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gaya belajar siswa kelas XI dan menganalisi faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas XI dalam proses pembelajaran geografi di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mix Method, yaitu penelitian dengan menggabungkan dua penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Desain yang digunakan yaitu Sekuensial Eksplanatoris. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data kuantitatif dengan penyebaran kuesioner/angket kepada 29 siswa kelas XI IPS kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif dengan wawancara mendalam kepada informan utama yaitu 1 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 1 siswa yang memiliki gaya belajar auditori, dan 1 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik serta informan pendukung yaitu guru mata pelajaran geografi di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan 44,80% siswa yang memiliki gaya belajar visual, 27,60% siswa yang memiliki gaya belajar auditori, dan27,60% siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa di kelas XI dalam proses pembelajaran geografi di MA Muhammadiyah Pekanbaru terdiri dari kondisi fisik dari ketiga informan tidak ada siswa yang memiliki kelainan/penyakit yang berkaitan dengan fisik sehingga tidak berpengaruh terhadap gaya belajar yang dimiliki, secara kondisi emosional siswa yang minat dengan pelajaran geografi lebih cenderung memiliki gaya belajar visual dan kinestetik karna pelajan geografi lebih sering menggunakan media yang berbentuk nyata dan erat kaitan dengan interaksi sosial maupun dengan alam , secara kondisi sosiologis keadaan gaya belajar siswa berbeda-beda, secara lingkungan ketiga informan menyukai lingkungan yang terang dan sejuk . Kata Kunci: Gaya belajar, Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:57
Last Modified: 26 Jul 2023 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74988

Actions (login required)

View Item View Item