WINDA NURMALIZA, - (2023) PENGARUH KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 DAN 3 PADANG PANJANG SUMATERA BARAT. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS WINDA NURMALIZA.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Winda Nurmaliza, (2023) : Pengaruh Kompetensi Guru Bahasa Arab terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 3 Padang Panjang Sumatera Barat Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kompetensi guru bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di MAN 1 dan 3 Padang Panjang Sumatera Barat dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kompetensi guru dan minat belajar siswa yang didapat melalui angket yang menghasilkan kompetensi guru di MAN 1 pada posisi: kompetensi professional 83,9 , kompetensi sosial 83,5 , kompetensi kepribadian 81,33 , kompetensi pedagogik 81,16 dan hasil minat yang di dapat di MAN 1 pada posisi 81,92 sedangkan kompetensi guru di MAN 3 pada posisi : kompetensi professional 82,3, kompetensi sosial 84,16, kompetensi kepribadian 80,83 dan kompetensi pedagogik 80 dan hasil minat yang di dapat di MAN 3 pada posisi 78,21. Penelitian dilakukan dengan populasi sasaran adalah siswa di MAN 1 sebanyak 467 orang yang terdiri dari 3 kelas dan di MAN 3 sebanyak 204 orang yang terdiri dari 3 kelas. Pengumpulan data tentang kompetensi guru dan minat belajar siswa dilakukan dengan menggunakan masing-masing 28 pernyataan dalam bentuk angket, kemudian diolah dengan rumus distributif frekuensi, dengan rumus P = F/N x 100% Berdasarkan hasil temuan data dari angket tersebut, guru di MAN 1 Padang Panjang termasuk ke dalam guru yang selalu ber kompetensi saat mengajar di kelas dengan total persentase sebesar professional 83,9 , kompetensi sosial 83,5 , kompetensi kepribadian 81,33 dan kompetensi pedagogik 81,16 Serta guru MAN 1 Padang Panjang termasuk ke dalam guru yang dapat menarik minat belajar siswa saat mengajar di kelas dengan total persentase minat belajar siswa sebesar 81,92. Sedangkan guru di MAN 3 Padang Panjang juga termasuk ke dalam guru yang selalu bersikap profesional saat mengajar di kelas dengan total persentase sebesar kompetensi professional 82,3, kompetensi sosial 84,16, kompetensi kepribadian 80,83 dan kompetensi pedagogik 80 , Serta guru MAN 3 Padang Panjang termasuk ke dalam guru yang dapat menarik minat belajar siswa saat mengajar di kelas dengan total persentase minat belajar siswa sebesar 78,21. Selanjutnya hasil akhir dari pengaruh kompetensi guru bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di MAN 1 sebesar 96%, sedangkan 4% ditentukan oleh faktor lainnya, seperti: faktor lingkungan belajar, faktor keluarga, faktor kecerdasan siswa, serta beberapa faktor lain baik dari dalam diri siswa maupun dari luar. Sedangkan hasil akhir dari pengaruh kompetensi guru bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di MAN 3 sebesar 74% sedangkan 26% juga ditentukan oleh faktor lainnya, seperti: faktor lingkungan belajar, faktor keluarga, faktor kecerdasan siswa, serta beberapa faktor lain baik dari dalam diri siswa maupun dari luar. Kata kunci: Pengaruh Kompetensi Guru Bahasa Arab , Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74970 |
Actions (login required)
View Item |