Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNAAN KUOTA INTERNET PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Syaid Ibrohim Salibu, - (2023) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNAAN KUOTA INTERNET PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS PSIKOLOGI.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan bagi aktivitas manusia yang dahulunya manual sekarang berubah menjadi digital atau berbasis online sehingga membutuhkan fasilitas tambahan berupa gadget dan internet, yang apabila digunakan secara berlebihan dan diluar kebutuhan maka akan menimbulkan perilaku konsumtif. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kontrol untuk mengarahkan dan mengatur individu dalam menggunakan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan hipotesis bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif penggunaan kuota internet. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 200 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala kontrol diri yang dikembangkan oleh Tangney, Baumeister, Boone (2004) dan skala perilaku konsumtif yang peneliti susun sendiri. Koefisien reliabilitas dari skala kontrol diri rxx = 0,899 dan skala perilaku konsumtif rxx = 0,870. Berdasarkan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,464 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, maka hipotesis penelitian ini diterima. Artinya terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. Dimana mahasiswa yang memiliki kemampuan kontrol diri yang baik, akan dapat mengurangi perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:12
Last Modified: 26 Jul 2023 00:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74962

Actions (login required)

View Item View Item