Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI NURUL IMAN KAMPAR

VIONA IDARATARI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI NURUL IMAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIONA IDARATARI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Viona Idaratari, (2023) : Penerapan Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Nurul Iman Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran snowball throwing di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 23 orang siswa dan subjeknya adalah strategi pembelajaran snowball throwing dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpalan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi. sementara analisis dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kemampuan kerjasama siswa hanya mencapai angka 49 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai data-ratanya meningkat menjadi 56 atau berada pada kategori kurang, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali hingga mencapai angka 95 atau berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Nurul Iman Kampar. Kata kunci: Metode Strategi Pembelajaran Snowball Throwing, Kemampuan kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:23
Last Modified: 26 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74951

Actions (login required)

View Item View Item