Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA BIG FIVE PERSONALITY DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SANTRI SMPIT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL

AMRINA ROSYADA SEHAB, - (2023) HUBUNGAN ANTARA BIG FIVE PERSONALITY DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SANTRI SMPIT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kompleksnya tuntutan kewajiban sebagai santri pondok pesantren membuat tidak sedikit santri yang sulit untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sebagaimana mestinya. Mengingat bahwa terdapat berbagai perbedaan yang dimiliki santri dalam mengelola pembelajaran, maka dimensi kepribadian menjadi perhatian penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara big five personality dengan self-regulated learning pada santri SMPIT Al-Ihsan Boarding School. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 orang Santri SMPIT Al-Ihsan Boarding School yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) dan IPIP-BFM-25 Indonesia (International Personality Item Pool-Big Five Factor Marker-25 Indonesia) yang dikembangkan oleh Hanif Akhtar dan Saifuddin Azwar (2018). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan bantuan SPSS 25.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai pearson correlation (r) antara exstraversion dengan self-regulated learning adalah sebesar 0,575 dengan nilai siginfikansi = 0,000 (p<0,05), agreeableness dengan self-regulated learning adalah sebesar 0,604 dengan nilai siginfikansi = 0,000 (p<0,05), conscientiousness dengan self-regulated learning adalah sebesar 0,653 dengan nilai siginfikansi = 0,000 (p<0,05), neuroticsm dengan self-regulated learning adalah sebesar -0,581 dengan nilai siginfikansi = 0,000 (p<0,05), dan openess dengan self-regulated learning adalah sebesar 0,479 dengan nilai siginfikansi = 0,000 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:00
Last Modified: 26 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74945

Actions (login required)

View Item View Item