Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 PEKANBARU

ASTIYAH SWELLEN SIREGAR, - (2023) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ASTIYAH SWELLEN SIREGAR.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ASTIYAH SWELLEN SIREGAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Astiyah Swellen Siregar, (2023): Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa di MTsN 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru. (2) Pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru. (3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan informan pendukung adalah 6 orang siswa di MTsN 3 Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru sangat kurang, seperti pada saat merespon perkataan guru masih ada beberapa siswa yang malu saat bertanya, gugup, pasif, saat menyampaikan pendapatnya, tidak mampu membuka dan mengakhiri percakapan, memiliki perilaku komunikasi yang kurang baik dengan temannya dan kurang memiliki keterampilan berkomunikasi dalam proses pembelajaran. lalu ketika guru memberikan tugas atau bertanya kepada siswa masih terdapat siswa yang memberikan respon yang lambat padahal ia mampu. Siswa juga takut untuk memulai pembicaraan. 2) pelaksanaan bimbingan kelompok yang di lakukan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru adalah guru bimbingan konseling melakukan pendekatan kepada siswa, memberi motivasi kepada siswa, merencanakan layanan bimbingan konseling, diantaranya: layanan bimbingan kelompok, konseling kelompok. 3) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 3 Pekanbaru adalah (a) faktor pendukung yaitu latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling, pengalaman guru bimbingan konseling, adanya kerjasama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas (b) faktor penghambat yaitu kurang nyamananya ruang konseling karena tidak tersedianya ruangan khusus, terbatasnya waktu untuk melakukan layanan bimbingan konseling, siswa yang tidak memiliki keterbukaan dalam menceritakan permasalahannya. Kata Kunci: Bimbingan kelompok dan keterampilan komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:01
Last Modified: 26 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74939

Actions (login required)

View Item View Item