Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PEMAHAMAN NAHWU DAN SHOROF SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYYAH DARUL QUR’AN KUBANG RAYA KAMPAR

NURI SAFITRI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PEMAHAMAN NAHWU DAN SHOROF SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYYAH DARUL QUR’AN KUBANG RAYA KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURI SAFITRI.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nuri Safitri (2023) : Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Pemahaman Nahwu dan Shorof Siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya Kampar Penelitian ini adalah Penelitian Esperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi terhadap Pemahaman nahwu dan shorof Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya, Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “apakah penggunaan Metode Bernyanyi berpengaruh terhadap Pemahaman Nahwu dan Shorof di Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya?”, Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah Pembelajaran, Pelaksaan, Observasi, kemudian Tes. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya tahun ajaran 2022/2023, dengan Sampel siswa kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas Kontrol Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya, Subjek Penelitiannya adalah Siswa kelas VII A dan VII B Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya. Objek Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode bernyanyi terhadap pemahaman nahwu shorof siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya. Instrumen yang digunakan untuk Mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari Dokumentasi, Observasi dan Tes. dari Analisis yang di peroleh, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Bernyanyi efektif terhadap pemahaman nahwu dan shorof siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Darul Qur’an Kubang Raya, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dengan diperoleh nilai Asymp.sig,(2-tailed) 0,005<0,05 sehingga Ho di tolak dan Ha di terima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi terhadap pemahaman nahwu dan shorof siswa, dan kelas Sampel dari eksperimen dan kelas Kontrol dalam kondisi tidak homogeny. Kata Kunci : Pengaruh, Metode Bernyanyi, Qowaid Nahwu dan Shorof

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:52
Last Modified: 25 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74910

Actions (login required)

View Item View Item