Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA BYSTANDER EFFECT DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMA (Studi pada Siswa SMA Negeri yang Berdomisili di Pekanbaru)

AYUDIA ARIZA, - (2023) HUBUNGAN ANTARA BYSTANDER EFFECT DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMA (Studi pada Siswa SMA Negeri yang Berdomisili di Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV AYUDIA ARIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi AYUDIA ARIZA 24 Juli.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bullying kian marak terjadi terutama pada siswa sekolah khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam kasus ini sering tidak terjadinya perilaku menolong yang mana salah satu faktor yang mempengaruhi siswa tersebut untuk tidak menolong yaitu karena adanya kehadiran orang lain lokasi kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara bystander effect dengan perilaku prososial pada siswa SMA Negeri di Pekanbaru. Sampel penelitian berjumlah 300 siswa SMA Negeri di Pekanbaru yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala bystander effect berdasarkan indikator dari Latane & Darley (1969) dan skala perilaku yang dibuat oleh Giranitika (2018) berdasarkan aspek-aspek perilaku prososial menurut Mussen dkk. Berdasarkan analisis regresi sederhana dan product moment diketahui bahwa bystander effect memiliki hubungan negatif dengan perilaku prososial pada siswa SMA Negeri di Pekanbaru (F=1,271; R=-0,667 p=0,000). Bystander effect dapat menjelaskan perilaku prososial pada siswa sebesar 44,5% sedangkan sisanya sebesar 55,5% dijelaskan oleh faktor lain. Sebagian besar subjek penelitian memiliki bystander effect yang rendah dan sebagian besar subjek penelitian memiliki perilaku prososial yang tinggi. Siswa yang memiliki bystander effect yang rendah dan perilaku prososial yang tinggi cenderung akan menolong orang lain walaupun ada orang lain pada saat kejadian yang membutuhkan pertolongan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:56
Last Modified: 25 Jul 2023 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74905

Actions (login required)

View Item View Item