Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP IT DAR AL-MAARIF PEKANBARU RIAU

HAFIZA, - (2023) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP IT DAR AL-MAARIF PEKANBARU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAFIZA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hafiza, (2023) : Pengaruh Metode Total Physical Response dalam Keaktifan belajar Bahasa Arab Siswa SMP IT Dar Al-Maarif Pekanbaru Riau Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Keaktifan adalah kegiatan yang bersifat fisik maupun mental, yaitu berbuat dan berfikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Belajar secara aktif berarti keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran sangat dominan. Keaktifan siswa selama proses belajar tergantung pada interaksi siswa dengan lingkungannya. Keaktifan belajar siswa dapat ditimbulkan dengan penggunaan metode atau model pembelajaran oleh guru. Salah satu metode pembelajaran bahasa Arab yang relevan untuk pembelajaran tingkat dasar adalah metode Total Physical Response (TPR). TPR adalah sebuah metode pengajaran bahasa yang dianggap sebagai metode yang relevan untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa Arab tingkat dasar. Metode Total physical response (TPR) adalah salah satu metode pengajaran bahasa yang dibangun berdasarkan koordinasi ujaran dan tindakan. Metode ini bergantung kepada respon siswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Total Physical Response (TPR) berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP IT Dar Al-Maarif. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian Percobaan Pre Eksperimental Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Total Physical Response berpengaruh terhadap keaktifan belajar pada siswa di SMP IT Dar Al-Maarif ,dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum ditererapkan Metode Total Physical Response (TPR),nilai rata-rata bahasa arab siswa adalah 40 sedangkan setelah ditererapkannya Metode Total Physical Response (TPR) terhadap siswa, nilai rata-rata meningkat menjadi 75,2. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara metode respon fisik total terhadap keaktifan belajar bahasa Arab pada siswa kelas tujuh di SMP IT Dar Al-Maarif Pekanbaru Riau. Kata kunci : Pengaruh, Metode Total Phisycal Response, Keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:51
Last Modified: 25 Jul 2023 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74882

Actions (login required)

View Item View Item