Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA POSISI KERJA MENGGUNAKAN METODE NORDHYC BODY MAP (NBM) DAN MUSCLE FATIGUE ANALYSIS (MFA) (Studi Kasus : Cv.Lestari Jaya Beton)

IZHAR IRAWADI SIAGIAN, - (2023) ANALISA POSISI KERJA MENGGUNAKAN METODE NORDHYC BODY MAP (NBM) DAN MUSCLE FATIGUE ANALYSIS (MFA) (Studi Kasus : Cv.Lestari Jaya Beton). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi kerja yang paing memberikan bebean paling tinggi pada tubuh pekerja. Dengan menggunakan metode Nordhyc Body Map (NBM) dan Muscle Fatigue Analysis (MFA) . metode Nordhyc Body Map (NBM) menggunakan kuesioner sebagai cara mendapatkan data tingkat kelelahan dan keletihan otot. Metode Muscle Fatigue Analysis (MFA) menggunakan tingkat usaha, upaya, dan frekuensi otot dalam melaksanakan suatu pekerjaan , untuk mengetahui tingkat kelelahan ototnya.adanya keluhan dari para pekerja tentang beratnya pekerjaan di pencetakan panel beton Cv. Lestari Jaya Beton. maka dari itu, dilakukan penelitain menggunakan metode Nordhyc Body Map (NBM) dan Muscle Fatigue Analysis (MFA). Dari hasil Penyebaran Kuesioner Nordhyc Body Map (NBM) didapatkan 3 pekerja yang mempunyai tingkat kelelahan otot yang sedang. Dari hasil worksheet Muscle Fatigue Analysis (MFA) diketahui ada tiga posisi kerja yang posisi nya berat,yaitu 1. Penuangan pasir dan kerikil 2. Penuangan adonan semen 3. Pengangkutan panel jadi ke Gudang Kata kunci: Nordhyc Body Map (NBM),Muscle Fatigue Analysis (MFA), Cv. Lestari Jaya Beton

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:10
Last Modified: 25 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74875

Actions (login required)

View Item View Item