Ramita Saputri, - (2023) HUBUNGAN KEHADIRAN SOSIAL DENGAN KEPUASAN BELAJAR DARING PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU ANGKATAN 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File Skripsi (BAB I,II,III,V,DAPUS,LAMPIRAN).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
Abstract
Munculnya wabah pandemi covid-19 yang mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia berdampak pada semua sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pembelajaran daring merupakan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mendukung sistem pendidikan agar tetap berjalan dengan baik selama masa pandemi. Namun meskipun demikian, pembelajaran daring juga menimbulkan masalah yaitu kurangnya kepuasan belajar yang berhubungan dengan kurangnya kehadiran sosial. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat hubungan antara kehadiran sosial dengan kepuasan belajar daring. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kehadiran sosial yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kehadiran sosial oleh Garrison, Anderson & Archer (2000) dan skala kepuasan belajar daring yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kepuasan belajar oleh Bolliger & Martindale (2004). Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan skala dan ditujukan pada mahasiswa UIN Suska Riau Angkatan 2019 dengan teknik pengambilan sampel accidental sehingga jumlah partisipan yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 571 orang. Hasil analisis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment Pearson dan menunjukkan bahwa kehadiran sosial memiliki hubungan dengan kepuasan belajar daring mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hubungan antara kedua variabel bersifat positif yang berarti bahwa semakin baik kehadiran sosial yang dirasakan oleh mahasiswa selama menjalani pembelajaran daring maka semakin baik pula kepuasan belajar daring yang mereka rasakan. Interaksi dan komunikasi, respon afektif dan kohesivitas yang merupakan aspek dari kehadiran sosial yang dirasakan mahasiswa saat menjalani pembelajaran daring berkaitan dengan hasil belajar yang didapat oleh mahasiswa sehingga hal ini juga berhubungan dengan kepuasan belajar pada mahasiswa. Kata kunci: pembelajaran daring, kehadiran sosial, kepuasan belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74866 |
Actions (login required)
View Item |