Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS : STUDI KASUS PADA PETERNAKAN BAROKAH FARM KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

NAUFAL FADHLIL, - (2023) ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS : STUDI KASUS PADA PETERNAKAN BAROKAH FARM KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, FAKULTAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Naufal lengkap kecuali bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha peternakan ayam ras petelur merupakan usaha yang memiliki prospek menjanjikan. Usaha peternakan ayam petelur dapat berjalan lancar dengan penjualan telur ayam ras yang efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis saluran tataniaga, margin pemasaran dari setiap karakteristik responden pemasaran telur ayam ras, dan tingkat efisiensi tataniaga telur ayam ras di Peternakan Barokah Farm Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada Peternakan Barokah Farm dengan jumlah sampel responden sebanyak 1 orang karyawan peternakan dan 40 orang pedagang eceran telur ayam ras yang diproduksi oleh Peternakan Barokah Farm. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan survei dan pengamatan yang dilakukan, serta dengan menghitung margin pemasaran untuk setiap saluran pemasaran. Teknik yang digunakan dalam menentukan responden yaitu purposive sampling. Metode Penentuan responden pedagang dilakukan menggunakan tracing method kepada seluruh lembaga yang terlibat dalam pemasaran telur ayam ras di Peternakan Barokah Farm. Parameter yang diamati dari penelitian ini adalah Karakteristik Responden, Saluran tataniaga peternakan Barokah Farm, Margin pemasaran dari setiap lembaga pemasaran, Efisiensi saluran tataniaga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model saluran pemasaran yang terbentuk dari proses pemasaran telur ayam ras di Peternakan Barokah Farm terdiri dari 2 saluran pemasaran. Saluran pemasaran I adalah peternak ke pedagang eceran lalu ke konsumen, dengan margin Rp. 370 dengan nilai farmer share 79,4%. Saluran pemasaran II adalah peternak langsung ke konsumen, dengan nilai farmer share 100%. Saluran pemasaran I dan II tergolong efisien, karena farmer’s share lebih dari 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:46
Last Modified: 25 Jul 2023 01:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74806

Actions (login required)

View Item View Item