Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF DI DESA BINAMANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR ( STUDI LIVING QUR’AN )

ANDRE PALDI, - (2023) PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF DI DESA BINAMANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR ( STUDI LIVING QUR’AN ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV_ baru.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur‟an Sebagai Pengobatan Alternatif Di Desa Binamang Kecamatan Xiii Koto Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi ini membahas tentang tatacara dan penggunaan ayat-ayat Al-Qur‟an sebagai pengobatan alternatif oleh masyarakat Desa Binamang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan pengobatan alternatif dan dampaknya dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur‟an di Desa Binamang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meringkas berbagai kondisi, situasi yang berbeda atau fenomena yang berbeda dari realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian dan berusaha untuk menghidupkan realitas ke permukaan sebagai ciri, watak, ciri, pola, tanda, atau deskripsi dari keadaan, situasi, atau fenomena tertentu. Taknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi langsung dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Praktik pengobatan alternatif dilakukan menggunakan beberapa ayat alqur‟an oleh masyarakat binamang diantaranya QS. Al-Fatihah ayat 1-7, QS. Al-Baqarah ayat 137, QS. Shad ayat 41, QS. Al-Mu‟minun ayat 97-98, QS. As-Saffat ayat 7, QS. Al-Baqarah ayat 255, QS. An-Nas ayat 1-6, QS. Al-Falaq ayat 1-5, QS. Al-Ikhlas ayat 1-4, QS. An-Naml ayat 30-31. Media pengobatan yang diguanakn diantaranya melalui air, madu, kurma, minyak zaitun, rempah-rempah (jahe, bawang putih, kunyit, kayu manis, lengkuas). Pada proses pengobatan yang dilakukan masyarakat binamang diantaranya suci dari hadas, memiliki niat yang tulus atas nama Allah SWT untuk membantu, membacakan ayat Al-Qurán dan berikhtiar kepada Allah SWT. Dampak yang dihasilkan sangat positif karena sebagaian besar masyarakat yang berobat berangsur sembuh. Selalin itu, pengobatan alternatif dengan menggunakan ayat Al-Qur‟an bukan saja menyembuhkan dari segi penyakitnya saja, namun jasmani dan rohani juga merasakan kesembuhan dan ketenangan dikarenakan ayat Al-Quran merupakan sebagai obat (syifa‟). Kata Kunci: Ayat Al-Qur’an, Living Qur’an, Pengobatan Alternatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:14
Last Modified: 24 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74797

Actions (login required)

View Item View Item