Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SUSTAINED SILENT READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI AL–IKHWAN PEKANBARU

NURBAITI, - (2023) PENERAPAN METODE SUSTAINED SILENT READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI AL–IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR BAITII.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurbaiti, (2023) : Penerapan Metode Sustained Silent Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI AL–Ikhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada muatan Bahasa Indonesia melalui penerapan metode SSR kelas IVC MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Penelitiaan ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah sustained silent reading dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitiaan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode sustained silent reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 64,50. Setelah menerapkan metode sustained silent reading pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 67,16 atau tergolong baik. Pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 80,66 atau tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode sustained silent reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada muatan Bahasa Indonesia kelas IVC MI Al-Ikhwan Pekanbaru Kata Kunci: Metode Sustained Silent Reading, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:31
Last Modified: 25 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74796

Actions (login required)

View Item View Item